Berita Terbaru :

Gali Septic Tank, Warga Temukan Sumur Kuno

Diposting oleh Okaza on Senin, 12 November 2012

Gali Septic Tank, Warga Temukan Sumur Kuno:
Jombang (beritajatim.com) - Warga Desa Plandi Kecamatan Jombang kota menemukan sumur tua sedalam 3 meter dengan diameter 60 sentimeter,
Senin (12/11/2012).

Sumur bata itu ditemukan secara tidak sengaja, yakni saat warga menggali tanah untuk membuat septictank atau bak penampungan kotoran .

Sumur tersebut ditemukan di pekarangan rumah milik Saiful (43), warga setempat. Awalnya, Saiful membangun rumah di pekarangan itu. Setelah rumah hampir jadi, warga Desa Plandi ini kemudian membuat septictank.

Awalnya tidak ada kejanggalan dalam pembuatan bak penampungan itu. Namun saat menggali di kedalam 0,5 meter, mata cangkul para pekerja menghantam benda keras. Para pekerja tidak curiga, penggalian pun terus dilakukan.

Namun aneh, benda keras itu terpendam terus hingga ke bawah. Karena curiga, Saiful meminta pekerja untuk berhenti menggali. Mereka kemudian bersama-sama memeriksa benda keras tersebut. Nah, dari situlah diketahui jika benda tersebut adalah tumpukan bata merah yang membentuk sumur.

Saiful mengungkapkan, di dalam sumur tersebut juga ditemukan pecahan keramik dan tulang belulang. Meski begitu, ia tidak berani berspekulasi apakah sumur tersebut peninggalan zaman kerajaan.

Ia hanya menduga bahwa sumur itu berusia lebih dari 100 tahun. Pasalnya, pemilik pekarangan itu usianya sudah lebih dari 100 tahun. Dan selama itu pula, mereka tidak mengetahui bahwa ada sumur terpendam.

Temuan sumur itu juga mengundang warga setempat. Warga berbondong-bondong untuk melihat benda kuno tersebut. "Saya sudah puluhan tahun tinggal di Desa Plandi. Namun tidak pernah tahu kalau ada sumur yang terpendam," kata Santoso, warga yang melihat penemuan tersebut. [suf/ted]


Sumber

Sumber

0 komentar || Simak Komentarnya Lalu Komentari

Posting Komentar

Jika Membantu Berikanlah Kami Komentar.