Berita Terbaru :

Apple Diduga Kucurkan 21 Juta USD Untuk Desain Jam Railway dari Swiss

Diposting oleh Okaza on Senin, 12 November 2012

Apple Diduga Kucurkan 21 Juta USD Untuk Desain Jam Railway dari Swiss:
ikon Jam iOS 6 vs ikon Jam SBB
Masih ingat dengan kasus ikon jam di iOS 6 yang dilaporkan menjiplak tampilan dan nuansa jam milik Swiss Federal Railway (SBB) beberapa waktu lalu? Ya, kala itu memang Apple mengajak duduk bersama SBB, dan tampaknya bakal membayar sejumlah uang untuk mendapatkan lisensinya. Hanya saja, belum diketahui berapa nominal Apple harus membayar kepada pihak SBB.

Untuk diketahui, berdasarkan sejarahnya, jam yang ditiru disainnya oleh Apple merupakan rancangan Hans Hilfiker, yang juga karyawan SBB pada tahun 1944. Pada masa itu juga, jam tersebut telah diakui sebagai contoh ikon dari desain abad ke 20 oleh Museum of Modern Art di New York dan juga Museum Desain London.

Saat tahu disain jam SBB dipakai pada iOS 6, yang meluncur pada September lalu, pihak SBB awalnya mengatakan tidak akan menuntut pembayaran ganti rugi ataupun royalti kepada pihak Apple. Pada kesempatan itu juru bicara SBB, Patricia Claivaz mengatakan "Kami cukup bangga bahwa merek sekelas Apple menggunakan desain kami".

Terlepas dari simpatinya pada perusahaan yang dibesarkan oleh Steve Jobs itu, Claivaz tetap berkomitmen untuk bertemu pihak Apple guna membahas kasus desain jam yang Apple gunakan tanpa adanya otorisasi/pemberitahuan. Dan, pada pertengahan bulan lalu, kedua belah pihak setuju pada kesepakatan yang akan memungkinkan Apple untuk melisensi desain jam stasiun kereta api tersebut untuk OS smartphone-nya.

Nah, pada hari Jumat lalu (9/11) kantor berita global AFB mengutip sebuah info dari surat kabar Swiss, yang mengungkapkan bahwa Apple akan membayar sebesar 21 juta USD (Rp201 Milyar lebih) untuk haknya menggunakan desain tersebut. (Ardian/Wr)


Sumber

0 komentar || Simak Komentarnya Lalu Komentari

Posting Komentar

Jika Membantu Berikanlah Kami Komentar.